Berita Terbaru Harga Emas Hari Ini

Apakah Saatnya Membeli Bitcoin?

0

Emasku.com

Data menunjukkan pasar Bitcoin kembali jatuh ke dalam keadaan ketakutan yang ekstrem karena harga telah anjlok selama seminggu terakhir.

Bitcoin Fear And Greed Index Mengatakan Pasar Sangat Takut

Sesuai laporan mingguan terbaru dari Penelitian misteriusketakutan ekstrem telah kembali ke pasar BTC, menunjukkan sekarang mungkin saatnya untuk membeli.

indeks ketakutan dan keserakahan” adalah indikator yang memberi tahu kita tentang sentimen umum di antara investor di pasar Bitcoin.

Indeks menggunakan skala numerik yang berjalan dari satu sampai seratus untuk mewakili sentimen. Semua nilai di atas titik “50” menandakan keserakahan, sementara nilai di bawah batas tersebut menyiratkan bahwa pasar sedang ketakutan saat ini.

Nilai menjelang akhir kisaran di atas 75 dan di bawah 25 menunjukkan sentimen keserakahan ekstrem dan ketakutan ekstrem, masing-masing.

Secara historis, bagian bawah cenderung terbentuk selama periode ketakutan yang ekstrem sementara puncak terjadi ketika pasar sangat serakah.

Karena itu, beberapa investor percaya bahwa membeli selama ketakutan ekstrim dan menjual selama keserakahan ekstrim secara optimal.

Bacaan Terkait | Pemegang Bitcoin Jangka Panjang Mulai Kapitalisasi Di Tengah Kepanikan

“Investasi kontrarian” adalah metode perdagangan yang mengikuti ide ini. Kutipan terkenal Warren Buffet merangkum filosofi terbaik:

Takutlah ketika orang lain serakah, dan serakah ketika orang lain takut.

Sekarang, berikut adalah grafik yang menunjukkan tren indeks ketakutan dan keserakahan Bitcoin selama setahun terakhir:

Indeks Ketakutan Dan Keserakahan Bitcoin

The value of the indicator seems to have plunged down in the last week | Source: Arcane Research's The Weekly Update - Week 18, 2022

Seperti yang Anda lihat pada grafik di atas, indeks ketakutan dan keserakahan Bitcoin sekarang memiliki nilai 10, menunjukkan bahwa sentimen telah menurun menjadi keserakahan yang ekstrem.

Laporan tersebut mencatat bahwa nilai metrik tidak pernah lebih buruk dari ini sejak kecelakaan COVID kembali pada Maret 2020.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sentimen seperti itu biasanya membawa serta peluang membeli. Namun, meski begitu itu juga bukan sinyal beli yang pasti.

Bacaan Terkait | Akankah Merkuri Dalam Retrograde Membawa Pergeseran Suasana Hati Dalam Bitcoin?

Terakhir kali indeks mencapai nilai yang sama adalah pada Januari tahun ini. Kemudian, bagian bawah tidak benar-benar terbentuk sampai dua minggu setelah sentimen berubah menjadi sangat menakutkan dan Bitcoin mengamati penurunan 20% lagi.

Jadi, tidak pasti jika sekarang adalah waktu untuk membeli. Namun demikian, sentimen ketakutan ekstrem yang mendalam seperti itu mungkin hanya menjadi sinyal bagi investor untuk mewaspadai pembentukan bottom dalam waktu dekat.

Harga BTC

Pada saat penulisan, harga bitcoin mengambang sekitar $29,5k, turun 25% dalam seminggu terakhir.

Bagan Harga Bitcoin

Looks like the price of the crypto has observed a sharp drop today | Source: BTCUSD on TradingView
Featured image from Unsplash.com, charts from TradingView.com, Arcane Research

Sumber Berita

Leave A Reply

Your email address will not be published.